Kekurangan dan Kelebihan WordPess Self Hosted | GanTekno.Com

Wednesday, April 26, 2017

Kekurangan dan Kelebihan WordPess Self Hosted

Gantekno.com | Kekurangan dan Kelebihan WordPess Self Hosted - Setelah saya membahas tentang kelebihan serta kekurangan blogspot dan keunggulan dan kelemahan wordpress.com (gratisan) dalam artikel yang telah lalu, maka tak lengkap rasanya jika saya tidak menjelaskan mengenai keunggulan dan kelemahan dari Wordpress Self Hosted. Para pemula seharusnya bisa membedakan mana wordpress yang gratisan dan yang self hosted. Wordpress gratisan itu beralamat di wordpress.com, sedangkan kalau self hosted itu di: wordpress.org.


Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Self Hosted


WordPress Self Hosted adalah salah satu Content Management System (biasa disebut CMS) open source yang digunakan sebagai mesin blog nya. Wordpress self hosted ini berbeda dengan wordpress.com. Jika di wordpress.com kamu sudah diberikan hosting gratis dan bandwith yang tidak terbatas, maka pada wordpress self hosted ini kamu harus membeli sendiri hosting beserta domain nya agar bisa menjalankan wordpress self hosted ini. Itulah mengapa wordpress.org ini disebut self hosted, sering disingkat WP Self Hosted.

1. Kelebihan dan Keunggulan Wordpress Self Hosted


WP Self Hosted Lebih Sempurna

Jika saya bandingkan dengan wordpress.com dan blogspot (blogger.com), maka wordpress self hosted bisa dikatakan jauh lebih baik, lebih sempurna dengan syarat pemilik blog tersebut adalah orang yang sudah mengerti dan paham tentang seluk beluk WP Self Hosted. Hampir semua fitur yang ada di wordpress.com dan blogspot bisa ditambahkan ke wordpress self hosted.

Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Website

Karena sifat wordpress.org ini Self Hosted, maka kamu mempunyai kontrol penuh terhadap semua konten di blog/website mu. Tidak seperti blogspot atau wordpress.com, dengan wordpress self hosted kamu bisa melakukan apa saja pada blog mu. Mau dibuat toko online? Bisa! Mau dibikin website professional? Bisa! Mau dibuat forum? Bisa! Mau dibangun blog? Bisa! Dan masih banyak lagi jenis web yang ingin dibangun melalui wordpress self hosted.

Tidak Terikat Peraturan Wordpress

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kamu mempunyai kebebasan dalam mengontrol penuh situs web mu, tidak perlu takut dibanned ataupun didelete. Karena itulah banyak orang yang memilih wordpress self hosted sebagai pilihan terbaik bagi mereka karena tidak terikat dengan peraturan dan kebijakan wordpress. Kamu juga bisa bebas untuk mengupload theme sepuasnya, menambah (menginstall) plugin apapun sesuka hati, dan yang terpenting adalah, kita bisa mengedit script sesuai kehendak kita. Inilah keuntungan yang paling menonjol jika kita memilih wordpress.org (self hosted).

Keuntungan Wordpress Self Hosted Dari Segi Bisnis


Apakah anda adalah orang yang ingin membangun situs untuk bisnis? Jika iya, maka saya menyarankan kepada anda untuk memilih wordpress self hosted sebagai pilihan terbaik. Apa alasannya?

Terlihat Professional

Pertama, dengan menggunakan wordpress self hosted, maka situs mu akan terlihat lebih professional dibanding situs gratisan yang menggunakan blogspot.com ataupun wordpress.com. Misalnya, ketika kamu menawarkan produk affiliate dari amazon, lalu kamu harus berkompetisi dengan blogger lain yang hanya menggunakan blog gratisan, maka kamu sudah unggul satu langkah dari segi personal branding yang tentunya akan lebih dipercayai oleh para calon pembeli.

Bisa Didaftarkan ke Google Adsense

Selain itu, menggunakan wordpress self hosted juga berpeluang besar untuk bisa berbisnis Google Adsense. Ini adalah kebalikan dari wordpress.com, dengan wordpress self hosted, kamu bisa mendaftarkan situs mu ke google adsense sebagai publisher untuk mencari penghasilan yang banyak. Sudah bukan rahasia lagi, menjadi publisher atau pemasang iklan di Google Adsense sudah menjadi tujuan para blogger jaman sekarang, tak lengkap rasanya kalau punya blog tapi tidak dipasangi iklan untuk menjaring 'recehan' dollar dari internet. Namun, agar bisa menjadi publisher di Google Adsense bukanlah perkara mudah. Anda harus mematuhi peraturan dan ketentuan layanan yang berlaku. Selain itu, website anda juga harus berkualitas dari segi konten, tampilan, dan lain sebagainya.

Bebas Dipasangi Berbagai Iklan

Berbeda dengan wordpress.com yang gratisan, wordpress self hosted bisa dipasangi berbagai jenis iklan, apapun itu! Contohnya iklan PPC (Pay Per Click) seperti Google Adsense, Chitika, Adiquity, Infolinks, Media.net ataupun iklan affiliasi seperti amazon, clickbank, dan masih banyak lagi. Kamu bebas memasang iklan apa saja di website mu, tapi sebaiknya patuhi peraturan tak tertulis para blogger, yaitu jangan memasang iklan yang berbau porno dan judi. Ingat! Dosa!

Kelebihan Wordpress Self Hosted Dalam SEO


Dalam segi SEO, wordpress self hosted mengungguli blogspot dan wordpress.com. Kenapa? Karena sudah didukung oleh banyak sekali plugin dan theme yang SEO friendly, baik gratis maupun berbayar. Yang paling menonjol adalah dengan adanya beberapa plugin SEO. Plugin SEO untuk wordpress yang paling terkenal adalah SEO by Yoast dan All in One SEO Pack. Kedua plugin ini sangat membantu sekali dalam urusan SEO website.

Dengan adanya plugin SEO ini, kita bisa membuat kendali yang berbeda beda, misalnya tentang meta tag, page meta, keyword yang masuk, meta gambar, meta data, dan lain sebagainya. Di samping itu, sistem Plugin SEO sudah dibangun secara struktural. Itulah sebabnya plugin SEO bisa membantu blog untuk mendapatkan banyak traffik dan menjadikan blog semakin berkualitas. Plugin plugin SEO ini juga banyak membantu dalam proses perkembangan optimasi SEO menjadi lebih efektif dan mudah bagi blog wordpress self hosted.

Bisa Memilih Domain dan Hosting Yang Diinginkan

Namanya juga WP Self Hosted, pasti perlu yang namanya domain dan hosting. Jadi kamu bisa memilih nama domain yang kamu suka. Akan lebih baik lagi jika kamu sudah melakukan riset keyword terlebih dahulu tentang domain yang ingin kamu pilih, sehingga domain mengandung kata kunci yang diinginkan. Bila sudah mendapat domain yang mengandung keyword, maka akan mudah dalam meranking artikel di search engine, Google contohnya.

Selain itu, kamu bisa bebas dalam memilih hosting idaman. Dengan memiliki hosting sendiri, maka kamu bisa menentukan dan membeli paket hosting yang sesuai dengan perkembangan traffik di blog anda. Selain itu, sekarang sudah banyak layanan hosting yang memberi paket hosting gratis, yah lumayan untuk sekedar coba coba.

2. Kekurangan dan Kelemahan Wordpress Self Hosted


Rentan Diserang Hacker
Memang faktanya, kebanyakan website yang dijadikan target para hacker adalah WP Self Hosted. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah kecerobohan dan ketidaktelitian sang admin dalam menjaga keamanan blog nya. Sebagai seorang admin yang blog nya tidak ingin terkena serangan hacker, janganlah menginstall plugin sembarangan. Karena lewat celah vuln yang terdapat pada plugin itulah para hacker melancarkan aksinya untuk melakukan inject.

Masalah Server

Pada blog atau website yang menggunakan WP Self Hosted, pasti pernah mengalami hal ini, 'kan? Masalah server down penyebab nya ada pada webhosting yang anda gunakan. Biasanya pihak webhosting akan melakukan penanganan bila terjadi masalah server yang down. Tapi, saya menyarankan agar jangan memilih webhosting yang sering mengalami masalah server, tentunya anda tak ingin kehilangan pengunjung setia begitu saja, kan?

WP Selft Hosted Cukup Rumit Bagi Pemula

Ini adalah hal yang sering terjadi, terutama bagi para pemula yang baru mengenal WP Self Hosted. Rasanya cukup ribet dan rumit bagi newbie yang ingin menggunakan WP Self Hosted. Bagaimana tidak? Untuk bisa memakai WP Self Hosted, harus menginstall nya terlebih dahulu, membuat database, costumisasi, perawatan server, dan lain sebagainya. Tapi, jika anda sudah mahir dalam menggunakan WP Self Hosted, semua hal diatas bukanlah menjadi masalah.


Sampai disini saja saya menyampaikan tentang seluk beluk kelebihan dan kekurangan wordpress self hosted. Saya harap anda menjadi lebih tau dan bisa menentukan pilihan. Saya sendiri lebih menyarankan untuk memilih wordpress self hosted dibanding blogspot atau wordpress.com. Anda juga bisa membaca postingan saya yang terdahulu tentang kelebihan dan kekurangan wordpress.com (gratisan).

Kekurangan dan Kelebihan WordPess Self Hosted Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wawan Alfianto

11 comments

hebatnya WP self host ini gan....saya pengen migrasi ke WP, tapi masih bingung caranya gan...semoga cepat mendapatkan petunjuk dan trims atas sharingnya

Waah, jadi pengen nyoba WP self hosted. Terimakasih infonya gan.
http://one-colour.blogspot.com

makasih banyak refrensinya mas, saya rencana mau pindah juga ke self host tapi masih mikir dan nunggu waktu yang tepat saja

tapi kok gantekno ini masih pake blogspot

Nice info.

Saya sudah membuat.nya dan merasa sangat puas ..

Tanks wp

kalo bingung atau gamau ribet bisa minta tolong sama cs penyedia hostingnya kang.

kalau poin ini saya setuju banget :

WP Selft Hosted Cukup Rumit Bagi Pemula

rasanya bagi pemula seperti saya, WP Self hosted cukup sulit banget nih

Ya, WP self hosting memang memiliki banyak kelebihan dibanding sejumlah platform gratisan. Hanya saja ia berbayar.

Informasi yang sangat bermanfaat, kayaknya lebih baik untuk pindah ke wp self hosted. banyak sekali keunggulannya dibandingkan yang platform gratis.

Terimakasih gan sharingnya memberikan pencerahan, saya lagi merencanakan blog self hosted, lagi belajar seluk beluknya dulu.

saya kepengen membuatnya , tetapi masih bingung..

Komentar Anda Sangat Diharapkan, Berkomentarlah Yang Sopan

 

Top