Trik Ampuh Meningkatkan Performa Smartphone Android Yang Lemot | GanTekno.Com

Monday, July 3, 2017

Trik Ampuh Meningkatkan Performa Smartphone Android Yang Lemot

Gantekno.comTrik Ampuh Meningkatkan Performa Smartphone Android Yang Lemot - Semakin lama sebuah smartphone Android digunakan, maka performa keseluruhan dari perangkat tersebut akan mengalami penurunan. Kinerja smartphone bisa menjadi lambat atau lemot sehingga bisa menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna Android. Solusi paling mudah untuk masalah ini tentunya dengan membeli perangkat terbaru yang masih kencang performanya.

Trik Ampuh Meningkatkan Performa Smartphone Android Yang Lemot

Bagi mereka yang memiliki budget terbatas, maka tidak perlu khawatir karena bisa mencoba trik meningkatkan performa smartphone Android yang lemot. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk membeli smartphone Android baru. Simak beberapa triknya berikut ini.

1. Kurangi Widget dan Live Wallpaper

Ponsel pintar berbasis Android dapat menjalankan beberapa aplikasi serta widget secara bersamaan (multi-tasking). Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan jumlah widget yang terdapat pada homescreen. Semakin banyak widget yang terpasang, maka kinerja smartphone akan semakin terbebani. Hal ini juga berlaku pada penggunaan Live Walpaper. Jika smartphone Android Anda tidak memiliki memori besar atau spesifikasi tinggi, disarankan agar menggunakan wallpaper standar saja.

2. Reset Data Factory

Selama menggunakan smartphone Android, tentunya Anda pernah atau bahkan sering memasang dan menghapus beberapa aplikasi atau game Android. Tahukah Anda bahwa sebenarnya aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi ternyata masih berjalan di background. Hal ini pastinya akan memperlambat kinerja Android dan juga menghabiskan memori RAM dan baterai dengan cepat. Dengan melakukan reset data factory, Anda bisa membuat performa smartphone menjadi fresh kembali.

Selanjutnya, lakukan format ulang media penyimpanan (memori) internal dan memori micro SD agar memperoleh tambahan kapasitas memori yang lebih lapang. Setelah reset data dilakukan, pastikan Anda memasang aplikasi atau game yang benar-benar dibutuhkan saja agar tidak membebani kinerja smartphone. Dengan demikian, maka tidak akan ada lagi sumber daya smartphone yang terpakai atau terbuang sia-sia.

3. Pembaruan Piranti Lunak

Cek ketersediaan pembaruan piranti lunak pada perangkat Android Anda. Dengan melakukan pembaruan ini maka Anda akan lebih mengoptimalkan kinerja smartphone. Pembaruan tersebut akan memberikan sejumlah penanganan masalah (bug) pada perangkat dan juga berguna untuk meningkatkan daya tahan baterai.

4. Non-aktifkan Aplikasi pada Sistem

Kapasitas yang minim dari Random Access Memory (RAM) bisa menjadi penyebab utama smartphone Android yang lemot. Biasanya, hal ini akibat banyaknya aplikasi yang sedang berjalan pada background dan membutuhkan alokasi RAM yang cukup banyak. Oleh karena itu, non-aktifkan berbagai aplikasi yang tidak diperlukan pada sistem agar RAM menjadi lebih lapang. Perlu diingat bahwa opsi untuk menon-aktifkan aplikasi pada sistem hanya ada pada OS Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) dan versi-versi diatasnya.

Pada fitur ini, Anda dapat menon-aktifkan aplikasi yang berjalan pada sistem dengan memilih opsi Disable. Jangan pernah menon-aktifkan seluruh aplikasi sistem karena dapat menyebabkan masalah atau mengakibatkan kinerja Android menjadi tidak stabil.

5. Aktifkan Mode Hibernasi

Mode hibernasi ini tidak dapat Anda temui pada semua perangkat Android karena memang tidak disediakan oleh pabrikan atau pengembang sistem operasi Android. Untuk mengaktifkan mode ini, Anda harus memasang aplikasi yang memang dikhususukan untuk mempermudah hibernasi pada perangkat Android. Salah satu contoh aplikasi yang bisa Anda coba adalah Greenify. Aplikasi ini sudah sering digunakan untuk mengaktifkan mode hibernasi dan dapat dipasang pada perangkat Android model lawas sekalipun.

Baca Juga : 
Resiko Root dan Kerugian Yang Harus Kalian Ketahui

Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk mengaktifkan hibernasi pada aplikasi yang berjalan pada background. Greenify akan membantu menyimpan sumber daya perangkat secara efisien dan sekaligus meningkatkan daya tahan baterai.

Trik Ampuh Meningkatkan Performa Smartphone Android Yang Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wawan Alfianto
 

Top
android phone with best battery life, what is the best android phone 2017,android phone with best camera,tagged mobile app for android,how to develop an app for android,best tablets for the price,best rated smart phones,top ten cell phones 2017,best android phone camera,best tv apps for android,best rated smartphones 2017,new droid phones 2017,best rated smartphone 2017,best droid phone 2017,best new cell phones 2017,,best free android tablet games,how to get free android games,android marketplace app download,best android camera phone,