Cara Saya Mengatasi BBM Lemot dan Pending di Android Dengan Mudah | GanTekno.Com

Saturday, July 15, 2017

Cara Saya Mengatasi BBM Lemot dan Pending di Android Dengan Mudah

Gantekno.com | Pemakai BlackBerry Messenger (BBM) semakin hari semakin bertambah, faktor utama nya adalah banyaknya orang yang membeli smartphone android yang bisa menggunakan BBM sejak diluncurkan nya aplikasi BBM for Android. Seiring berjalannya waktu, masalah BBM pending terus pun muncul yang menyebabkan pesan tidak terkirim ke tujuannya.

Selama menggunakan BBM di Android, pernahkah kamu mengalami pending saat mengirim pesan? Jika iya, maka anda harus membaca beberapa tips dan cara yang ampuh dalam mengatasi pending di BBM pada smartphone android mu ini. Berikut ini ada beberapa penyebab BBM for Android sering mengalami pending dan solusi mengatasi masalah tersebut.

Image of Mengatasi BBM Lemot dan Pending di Android


Cara Saya Mengatasi BBM Lemot dan Pending di Android Dengan Mudah


1. Masalah Koneksi
Aplikasi BBM for android bisa digunakan berkat adanya koneksi internet. Karena aplikasi ini memerlukan koneksi internet dan hal tersebut sangatlah berpengaruh, maka pastikan koneksi internet pada ponsel android mu lancar dan memiliki kuota ataupun paket internet untuk menjalankan aplikasi BBM di android.

2. Masalah Application Not Responding
Masalah ini sering terjadi bila aplikasi BBM yang anda buka terasa lemot dan loading nya lama. Saya menyarankan agar anda menutup aplikasi BBM ini dengan masuk ke menu Setting -> Applications -> Apps Manager -> Pilih BBM -> Lalu tutup aplikasi BBM (Paksa Berhenti). Tunggu beberapa saat (sekitar 4 menit). Jangan lupa hapus Cache dan restart ponsel android mu. Kemudian buka kembali aplikasi BBM nya, dan masalah Application not responding bisa dihilangkan.

3. Masalah Jaringan Yang Buruk
Biasanya masalah jaringan yang lemah dan tidak stabil bisa menyebabkan pesan yang anda kirimkan melalui BBM menjadi pending. Untuk mengatasi hal ini, pastikan anda memilih operator yang memiliki sinyal kuat di daerah tempat tinggal anda.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Online
Menginstall banyak sekali Aplikasi Online yang memerlukan koneksi internet setiap saat dan selalu mengirimkan notifikasi bisa membuat ponsel menjadi lemot dan lola. Ini akan berakibat BBM menjadi pending. Solusi nya hapus aplikasi online yang tidak penting (misal: facebook, twitter, instagram, line, wechat, dan lainnya) serta hanya install aplikasi online yang penting-penting saja.

Bagaimana bila langkah-langkah diatas tidak work? Tenang, saya masih punya tips lain dalam mengatasi masalah pending di BBM for Android.

Penyebab lain dari masalah BBM pending terus ini bisa saja terjadi karena settingan jaringan di ponsel android mu ada yang salah. Pastikan kamu menghilangkan proxy dan port pada pengaturan jaringan di ponsel mu. Kenapa? Karena dengan menggunakan proxy dan port default dari operator seluler, maka menyebabkan komunikasi yang tidak lancar antara aplikasi BBM dengan server BlackBerry Messenger.

Bagaimana cara mengatasinya? Cukup mudah! Kamu perlu menghapus proxy dan port di pengaturan jaringan pada ponsel android mu. Gak tau caranya? Lakukan langkah-langkah dibawah ini.

Pertama, buka menu pengaturan jaringan dengan menuju ke Drawer -> Setting -> Wireless & Network -> Mobile Network.

Kedua, gulir ke bawah, lalu piih menu APN. Lalu akan terlihat settingan APN yang 'biasanya' sesuai dengan operator yang sedang digunakan.

Ketiga, pilih APN yang sedang digunakan, kemudian edit dan hapus proxy serta port nya.

Keempat, simpat pengaturan tersebut lalu buka aplikasi BBM nya. Setelah itu, lakukan pengetesan dengan mengirim beberapa pesan ke teman anda, dan pastikan pesan nya terkirim dan tidak pending.

Bagaimana? Apakah kamu sudah berhasil mengatasi masalah BBM pending terus dengan cara diatas? Jika iya, maka anda harus beryukur, hehe. Jika tidak berhasil, maka saya punya cara lain yang tak kalah ampuh nya dengan cara sebelumnya. Simak cara nya berikut ini.

1. Pastikan jaringan seluler di ponsel kamu selalu berada dalam mode 3G/HSDPA. Caranya gampang. Pertama, masuk ke Pengaturan Jaringan -> Pilih mode jaringan -> pilih WCDMA. Selesai! Sekarang ponsel mu sudah berada dalam jaringan 3G/HSDPA.

2. Jika cara nomor 1 tidak berhasil dalam mengatasi pending di BBM, maka kamu bisa melakukan ON/OFF Data/jaringan seluler.

3. Kurangi group, channel dan kontak di BBM anda. Kontak, channel dan group yang terlalu banyak akan menyebabkan aplikasi BBM anda berjalan lemot dan pending. Solusinya, hapus kontak, group dan channel yang tidak penting.

4. Anda harus membuat kinerja, kecepatan dan performa ponsel android anda menjadi cepat dan tidak lemot. Dengan begitu, masalah pending akan segera teratasi. Caranya bisa kamu baca dalam artikel ini: Cara Mudah Meningkatkan Kinerja dan Peforma Ponsel Android.

5. Bila belum berhasil, sepertinya anda harus mengupdate versi BBM yang anda gunakan ke versi terbaru. Biasanya versi terbaru itu lebih bagus dari versi sebelum nya.

6. Aplikasi BBM mu sudah dalam versi terbaru tetapi masalah pending masih muncul? Mungkin kamu perlu menghapus aplikasi BBM yang bermasalah dan mengunduh aplikasi BBM yang baru di Google Play Store. Lalu login menggunakan email dan password yang sama seperti sebelum nya. Tenang saja, ini tidak akan menyebabkan semua kontak anda hilang.

Begitulah cara saya dalam mengatasi masalah BBM di ponsel Android yang sering pending dan lemot. Anda bisa membaca tips android lainnya seperti mengamankan ponsel android dan 5 saran aplikasi edit video terbaik di android.

Jika menurut mu artikel ini berguna, kamu boleh membagikannya ke teman teman mu melalui sosial media seperti facebook, twitter dan google plus agar mereka juga mengetahui cara menghilangkan masalah pending di BBM for Android.

Cara Saya Mengatasi BBM Lemot dan Pending di Android Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wawan Alfianto

Komentar Anda Sangat Diharapkan, Berkomentarlah Yang Sopan

 

Top