Cara Mudah Mengatasi Play Store Yang Crash dan Bermasalah | Gantekno.ComGanTekno.Com

Friday, November 18, 2016

Cara Mudah Mengatasi Play Store Yang Crash dan Bermasalah

Cara Mudah Mengatasi Play Store Yang Crash dan Bermasalah  - Mengatasi crash atau tidak bisa mengunduh di Google Play Store adalah cara yang sering dilakukan para pengguna smartphone android bila Google Play Store mereka bermasalah. Tak dapat dipungkiri, Google Play Store menjadi andalan para pengguna ponsel android dalam mencari aplikasi dan software yang mereka inginkan, ataupun melakukan update aplikasi.

Jadi akan sangat merepotkan bila Google Play Store sering mengalami masalah seperti crash, tidak bisa mengunduh, force close, stuck, gagal mengunduh, dan masih banyak lagi masalah yang sering dihadapi para pengguna smartphone android. Untuk itulah, dalam artikel ini saya ingin berbagi mengenai beberapa cara jitu dalam mengatasi Google Play Store yang bermasalah.

Cara Mengatasi Play Store Yang Crash dan Bermasalah

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Bermasalah

1. Kosongkan/Hapus Cache dan Data
Dengan menghapus cache, maka kemungkikan besar masalah pada Google Play Store bisa cepat teratasi. Karena cache adalah cata yang tersimpan pada aplikasi dan biasanya tidak digunakan. Maka dari itu, dengan membersihkan cache, adalah cara yang tepat mengatasi masalah di Play Store.

Cara menghapus cache yaitu dengan masuk ke menu Settings - Apps, setelah itu geser layar ke bagian All dan cari Google Play Store. Selanjutnya pilih dan tekan tombol Clear Cache dan Clear Data.

Selain menghapus cache pada aplikasi Google Play Store, anda juga harus menghapus cache pada Google Play Services. Caranya hampir sama dengan yang diatas, yaitu masuk ke menu Settings - Apps - All - Google Play Services - Clear Cache. Dengan melakukan cara ini, diharapkan bisa mengatasi Google Play yang error dan bermasalah.

2. Uninstall Update Play Store
Melakukan update pada Google Play Store adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Tapi terkadang, hal ini juga bisa menjadikan Google Play Store bermasalah. Melakukan uninstall update adalah jalan satu-satunya. Caranya sama seperti nomor 1, yaitu masuk ke menu Settings - Apps - All - Google Play Store - Uninstall Updates.

3. Mengaktifkan Download Manager
Mengaktifkan aplikasi download manager adalah salah satu cara yang bisa dilakukan jika mengalami masalah tidak bisa mengunduh aplikasi atau masalah lain di Google Play. Cara mengaktifkan nya cukup mudah, yaitu masuk ke menu Settings - Apps - All - Download Manager, setelah itu tekan Activate untuk mengaktifkan aplikasi Download Manager.

4. Menghapus Akun Google Dan Memasangnya Kembali
Jika ketiga cara diatas masih belum berhasil, maka cara selanjutnya dalam mengatasi Google Play Store yang bermasalah adalah dengan menghapus akun google yang terhubung ke Play Store dan menghubungkannya kembali.

Caranya masuk ke menu Settings - Accounts - Google - Remove Account. Dengan begini, anda sudah berhaisl menghapus akun Google yang terhubung. Selanjutnya anda harus melakukan reboot/restart smartphone android anda lalu masukkan/tambahkan kembali akun Google yang telah dihapus dengan masuk ke menu Settings - Accounts - Add Account - Google.

5. Periksa Ruang Kosong Memori
Jika anda mengalami masalah tidak bisa mengunduh aplikasi, maka anda perlu memerisa terlebih dahulu ruang kosong pada memori internal smartphone android anda. Pastikan ruang kosong nya mencukupi dan tidak kekurangan. Cara memeriksanya yaitu dengan masuk ke menu Settings - Memory - Free Space.

Jika anda kekurangan ruang penyimpanan, maka anda harus menghapus (un-install) aplikasi yang tidak dibutuhkan atau tidak penting. Dengan melakukan cara ini, maka ruang penyimpanan menjadi longgar kembali dan cobalah masuk ke Google Play dan mulau mengunduh aplikasi.

6. Koneksi Internet
Sebelum membuka Google Play, maka anda harus memeriksa terlebih dahulu koneksi internet pada ponsel, pastikan anda memiliki paket data atau kuota yang cukup karena untuk membuka Google Play itu membutuhkan koneksi Internet.

7. Install Ulang Google Play
Jika cara-cara diatas belum berhasil, maka anda perlu melakukan penginstalan ulang pada aplikasi Google Play Store. Anda bisa mencari aplikasi Google Play Store di situs-situs terpercaya.

8. Factory Data Reset
Ini adalah cara satu-satunya yang bisa dilakukan bila semua cara diatas tidak berhasil. Cara ini tentunya beresiko, karena akan menghilangkan seluruh data dan aplikasi yang ada dan mengembalikan nya ke pengaturan awal, persis seperti saat anda membeli smartphone. Untuk mengantisipasi kehilangan data, anda harus mem-backup terlebih dahulu seluruh data pada ponsel android anda.

Untuk melakukan factory data reset, maka anda perlu masuk ke menu Settings - Backup and Reset - Factory Data Reset. Tunggu sampai proses selesai, dan smartphone anda kembali ke awal seperti saat pertama kali anda membeli.

Dengan menerapkan semua cara diatas, saya berharap semua masalah yang ada pada aplikasi Google Play Store anda bisa teratasi. Anda juga bisa membaca tips android lainnya seperti Cara Meningkatkan Kinerja dan Kecepatan Ponsel Android dan Cara Merawat Layar Sentuh Ponsel Agar Awet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika kalian merasa tulisan ini bermanfaat, kalian bisa membagikan link tulisan ini ke teman-teman di facebook, twitter, Google+ atau yang lainnya.

Cara Mudah Mengatasi Play Store Yang Crash dan Bermasalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wawan Alfianto
 

Top